Sunday, May 27, 2007

BUILDING AS A SHIELD OF COLLECTION

As the alumny of CMHB course, my sensitivity about historical building is increasing. Of course, It is really corelate with my job in Museum. Althought, in Indonesia there are many museum with the new building, it still easy to find museum from old building. Museum on old building should consider the conservation both : the collection and the building itself.

Setelah jadi alumnus CMHB course, sensitivitas saya terhadap historic building makin meningkat, tentunya yang berhubungan dengan kerjaan saya di museum. Meski di Indonesia banyak museum berada di gedung baru, tapi gak sedikit juga kok gedung bersejarah, yang tentunya udah pasti gedung lama di pake sebagai museum.
Ini berarti perhatian para penyayang gedung tua yang kebetulan dipake sebagai museum harus dobel. Pertama, tentu gedungnya, dan yang kedua benda atau objek yang ada di dalamnya.

Relate with my job as Conservation, I try to compare ouside climate and inside climate in old building. The result is significantly different between T adn RH. Its mean that the old building have a good function as the shield of collection. Unfortunately I couldn't attach with the graph. But if you really want to know, you can contact me.

Sebagai bagian dari tugas konservator, saya mencoba membandingkan iklim di luar gedung museum dengan salah satu iklim di dalam ruangan museum (gedung lama).
HAsilnya terlihat terjadi perubahan yang signifikan antara T dan RH di luar (lobby ) dengan di dalam galeri.
Ini adalah bukti bahwa gedung telah berfungsi dengan baik sebagai pelindung untuk koleksi.
SAyang, grafik gak bisa ditampilkan di sini. Tapi kalau memang ada yang butuh bisa hubungi saya langsung

0 komentar: