Monday, January 07, 2013

Penggunaan silica gel dalam lemari pajang

Pemakaian silica gel di dalam lemari pajang sudah lama dikenal dan diterapkan di museum di Indonesia.Dengan kata lain bukanlah hal baru. Sehingga didalam beberapa presentasi saya mengenai iklim mikro yg diperlukan koleksi, ada beberapa peserta yang menanggapi dengan setengah hati. Kesemuanya itu saya catat dlm hati.Dann.... akhirnya terjawab sudah.Kenapaaa setiap saya berbicara ttg silica gel gel banyak yg tidak merespon positif. Di tahun 2012, saya mendapat kesempatan mengunjungi beberapa museum di pulau Jawa dan Sumatera. Ada yang memang diundang sebagai pembicara di museum tersebut, tapi lebih banyak sebagai pengunjung museum. Dan memang.dari pengamatan. sudah banyak meletakkan silicagel di dalam lemari pajang. Namun cara peletakan nya yang berbeda dengan apa yang saya ketahui. Jadi, Pake silica gel? iya. cumaa how to nya, atau caranya yang harus diluruskan agar fungsinya tepat.  

FUNGSI SILICA GEL Sebenarnya buat apa sih. Kok pake silica gel segala? ditempat kami pakai kapur barus bu. Lalu mengapa harus menggunakan silica lagi? pertanyaan ini sering sekali ditanyakan. Sebelum menjawabnya,rasanya perlu melihat lagi mengapa sebuah benda masuk museum.Tentunya karena ingin dilindungi dengan alasan dapat dinikmati hingga generasi yg akan datang.Nilai historis yg ada pada benda atau koleksi itu tentunya yg ingin diberikan kepada pengunjung, salah satu caranya adalah dengan menampilkannya di dalam vitrin (lemari pajang).Namun ternyata seringkali kita lupa jika sudah didalam vitrin berarti koleksi sudah memiliki lingkungan baru. Lingkungan ini sangat mempengaruhi sifat koleksi. Untuk itu lingkunga tersebut itu harus kita atur agar selama koleksi berada di dalamnya, setidaknya lingkungan tersebut tidak menambah atau mempercepat kerusakan koleksi. (Baca lagi 10 faktor kerusakan yaaa)

Nah, salah satu faktor penyebab kerusakan pada koleksi adalah kelembaban relatif (RH) yang tidak sesuai. Artinya..terlalu lembab atau terlalu kering dapat membahayakan koleksi. Lebih bahaya lagi, jika fluktuasi antara RH tinggi dan RH rendah terlalu besar, maka hal ini akan mempercepat munculnya kerusakan pada koleksi. Oleh karena itu dibutuhkan kondisi lingkungan dimana RH tetap terjaga stabil, tidak terlalu fluktuatif perbedaannya. Kondisi RH yang stabil dapat diperoleh jika ruangan tempat menyimpan koleksi tersebut memiliki pengatur udara (AC) yang dinyalakan selama 24 jam. Dapat pula dengan menyediakan dehumidifier diruangan yang menyala saat AC dimatikan. Lalu, bagaimana jika kita tidak dapat memenuhi keduanya ? Nah, cara terbaik adalah menjaga kestabilan dengan silica gel yang sudah terkondisikan. Kita dapat membeli silicagel yang sudah dkemas oleh perusahaan seperti Artsob. tinggal kita masukkan silicagel sesuai dengan volume vitrin. Namun harganya mahal. Untuk itu kita bisa membuatnya dengan menggunakan silica gel yang dijual kalengan dan mengkondisikan sesuai kebutuhan.

 Silica gel yang terkondisikan itu berarti sudah ada tahapan yang dilakukan, yaitu :
- pengeringan silica gel
- memasukkan silica gel dalam kantong
- menimbang
- merekondisikan pada RH yang diperlukan(50%)
- meletakkan di dalam vitrian (lemari pajang) Jadi dengan meletakkan silica gel yang sudah terkondisikan, kita dapat memperoleh lingkungan mikro yang stabil untuk jangka waktu tertentu.  


Gunanya??
Dengan lingkungan yang memiliki RH yang stabil, maka jamur pun tidak muncul pada koleksi maupun pada material vitrin. Dengan demikian koleksi akan terjaga.  


Kesimpulannnya: Silica gel yang diletakkan di dalam vitrin sudah direkondisikan, dimana silicagel tersebut dapat berfungsi sebagai penyangga (buffer) RH sesuai dengan kondisi yang diinginkan Silica gel tersebut dikemas dalam kantong berukuran tertentu sesuai dengan volume vitrin dan tidak menyentuh koleksi RH yang diinginkan adalah RH yang baik untuk semua material koleksi organik dan anorganik, diambil RH tengah-tengah yaitu 50-60%

1 komentar:

Desiccanto Surabaya said...

Jual silica gel blue kiloan murah
https://desiccanto.blogspot.co.id/2016/12/silica-gel-blue-curah-packing-1kg-murah.html