Saturday, December 09, 2006

It was very interesting to handle gold collection in vitrine


This month, Museum Nasional Indonesia have a big job, to move a part of collections from old building to new building. After that. We will do grand opening, by Indonesian President : Mr SBY. Even until I write this article, still no exact information about this. As a worker, we keep working, pick the collections, clean up, arrange in the new place.

Bulan-bulan terakhir ini Museum Nasional punya hajat besar, yaitu memindahkan sebagian koleksi dari gedung lama ke gedung baru. Setelah itu, grand opening deh, yang katanya mau dibuka sama pak SBY. Tapi sampai berita ini ditulis, belum ada berita kapan mau diresmikan. Sebagai pekerja, ya kita tetap kerja, mengambil dari tmpatnya, membersihkan, dan kembali di tata di tempatnya yang baru....

It takes 2 weeks to arrange 4th floor of new building. This floor is for gold and ceramics collections. The experience to handle this kind of material will share for all member of conservation. This is a good team worker and a good starting to get a better result.
The collection choosen and moved by curator, accompanied by registree member. Collection will placed on the stone. Bring the collections should do with carefully. avoid from any shaking. Good covering.
Conservation team (including me) has been waiting on new location. And then, we open the case. Wow, It is very beautiful... prety... How wonderful..

Sudah sekitar 2 minggu ini kita menata lantai 4 gedung baru. LAntai ini dikhususkan untuk koleksi emas dan keramik.
Pengalaman dalam menata koleksi emas etnografi akan dibagi untuk semua. Ini adalah contoh kerja tim di Museum Nasional. Terlepas dari ketidak sempurnaan, kerjasama tim ini sudah merupakan permulaan yang baik untuk menuju yang lebih baik.
Koleksi terpilih yang akan menempatkan tempat batu telah diambil. (Pemilihan koleksi adalah hak perogatif kurator etno). KEtika ngambil didampingi satu staf registrasi (itu tuh, yang mencatat keluar masuk koleksi).
KOleksi ditempatkan dalam wadah, dan dengan troley dibawa ke gedung baru.. Sedapat mungkin guncangan dihindari, karena bisa membuat koleksi tidak nyaman. Sebagian koleksi dibungkus dengan rapih , tujuannya juga untuk menghindari guncangan fisik pada koleksi.
Tim dari bidang konservasi dan penyajian sudah menunggu di tempat baru. (Saya masuk dalam tim ini). DAn ketika koleksi dibuka, kata wow, gila..., bagus banget.... adalah kata-kata yangsering keluar.

For us, it is really happiness to hold kris, use a ring with a big diamond or ruby. And only us (conservation member) can hold this expensive collections.

Buat kami ini adalah kebahagiaan. Kapan lagi bisa megang keris bertatahkan berlian, atau mencoba cincin dengan berlian atau batu mirah yang segede biji jagung.. (bahkan lebih gede lagi). Dan membayangkan sebagai putri raja.........
Yang lebih membanggakan, tidak semua orang bisa megang, bahkan karyawan museum pun tidak semuanya bisa
.
Back to the collections. After we receipt. and the checking. clean up the dust. do restoration, if there are a loose parts. If necesary by sewing. but avoid working with harmfull chemical. aquades water and alcohol are enought.

Kembali ke koleksi..., koleksi diterima tim konservasi.Di cek, kalau penuh debu dibersihkan, kalau ada bagian yang longgar atau lepas di restorasi. UNtuk koleksi yang perlu dijahit, ya dijahit dulu.. Tim konservasi bekerja dengan bahan yang tidak berbahaya. KAlau cukup dengan akuades dan alkohol, tidak perlu pake bahan kimia yang lain.













Sewing is the alternative working to decrease the using of knobs, that potential to grow the corossion. The point is we have to avoid the next deterioration.
Penjahitan dengan benang adalah sebagai alternatif untuk mengurangi pemakaian jarum pentul atau kawat, yang bisa menimbulkan karat. INtinya kami melakukan dengan menghindari terjadinya kerusakan lanjutan atau baru.








After the conservation done. the next job will held by exhibition member. The job is arrange the collections by input to vitrine. It is not easy, because there are many consideration from conservation member, and curator want attached the story line. So in this moment, the cooperation is needed.

Setelah dirasa cukup, baru tim penyajian bekerja. Tugasnya adalah menata koleksi ke dalam vitrin yang telah disediakan. INi juga gak gampang, karena tim konservasi cerewetnya minta ampun. dan tim kurator juga minta agar ditata sesuai dengan story line yang mereka punya..
NAh disini enaknya kerja tim..., semua ditampung dan dicari solusi yang enak dan menyenangkan semua pihak.

When mounting needed or base for collections, we use the safe material for collections. Displaying with wire must be avoid. If need to hanging, use nylon thread (safe and strong)
KEtika dibutuhkan mounting atau alas buat koleksi, dicari yang tidak berbahaya untuk koleksi. Pemajangan dengan kawat dihindari. Kalau perlu digantung, gunakan tali pancing (dipakai, karena aman untuk koleksi dan kuat).



After displaying done. Finish the job for today. Tommorow will be continue. with anoter material.

Begitu selesai dipajang, rasanya... lega...,
Cukup deh kerja hari ini. Besok disambung lagi

1 komentar:

dvega said...

dear mbak kurator/petugas museum...
Saya dhika,mau tanya kalo pengen ambil gambar(video) di museum nasional bisa gak ya? urus izinnya gampang gak?

thanx,

Regards
Dhika