Tuesday, November 14, 2006

minggu kedua; It's nice to be here.......


Senin, 2 Oktober

Merupakan hari pertama pada minggu kedua di Lund. Setelah week end yang cukup heboh, kita kembali ke sekolah. Penekanan materi pada minggu kedua ini adalah mengenai Practical Building Conservation.
Pendahuluan fase kedua ini disampaikan oleh Dr. Kerstin Barup mengenai proses dan teknologi. Serta peranan craftmanship dalam konservasi dan restorasi gedung bersejarah.
Setelah istirahat materi dilanjutkan dengan presentasi Jenny Halstrom mengenai pemanfaatan sinar fluresense dalam menangani gedung bersejarah.

Selasa, 3 Oktober
Studi ekskursi ke daerah Roskilde, Denmark



Viking Museum


Gereja di Roskilde



http://photos.blogger.com/upload-image.g?blogID=21282923
Cancel

Rabu, 4 Oktober
Teori dan praktek mengenai craftmanship di Kulturen, Lund.


1. Paint and colours oleh Richard Kjellstrom. Sesi ini mengenai cat dan zat warna tradisional di daerah Swedia yang menggunakan materi dari batuan dan tanah






2. Stone and masonry oleh David Waite, yang mengajarkan bagaimana teknik membuat replika dan mengukir batu-batu yang polos menjadi hiasan yang indah.






Kamis, 5 Oktober
Teori kembali diberikan di dalam kelas. Christina Wamslet memberi materi mengenai Disaster Mitigasi di daerah cagar budaya, merupakan suatu pendekatan dalam risk management atau managemen resiko pada daerah yang merupakan cagar budaya dan sering terkena bencana alam.
Dilanjutkan oleh Alfredo Stein yang berbagi pengalaman dalam melakukan manajemen daerah cagar budaya di Amerika Tengah.
Setelah istirahat materi dilanjutkan dengan presentasi Amund Sinding Larsen yang mengungkapkan studi kasus berubahnya morfologi perkotaan tradisoinal dikarenakan adanya kemajuan zaman. Studi kasus yang diangkat adalah kasus Tibet yang diwarnai dengan kedatangan Cina yang merubah daerah tradisonal, menjadi daerah wisata yang menyebabkan daerah tersebut kehilangan nilai nilai budaya



Jum’at, 6 Oktober
Materi dilanjutkan oleh Amund Sinding Larsen mengenai nilai-nilai historis dan budaya yang semakin tenggelam dengan adanya kemajuan zaman.
Dibicarakan pula mengenai konvensi dunia mengenai historical building, termasuk peranan ICOMOS dan ICOM. Diberikan pula studi kasus mengenai gedung yang tetap bertahan di daerah perang, yaitu di daerah Kabul, Afghanistan.
Setelah istirahat materi dilanjutkan mengenai peranan Ilmu pengetahuan modern dalam hal ini sinar laser dan fluoresense dalam melakukan studi kerusakan pada bangunan benda budaya yang dilakukan tanpa merusak bangunan. Materi diberikan oleh Dr Sune Svanberg, ahli Fisika Swedia.

Berakhir minggu kedua. MInggu ketiga dimulai hari minggu dengan perjalanan ke Stockholm by bus.

0 komentar: