Tuesday, November 14, 2006

minggu ketiga

Pada minggu ketiga ini penekanan adalah mengenai perencanaan Konservasi dan Restorasi. Tidak seperti 2 minggu sebelumnya, minggu terakhir diawali hari Minggu. Kegiatan diawali dengan melakukan studi ekskursi ke tempat tempat yang telah melakukan kegiatan conservasi dan restorasi, dan telah melakukan perencanaan pemeliharaan. Kemudian menggunakan apa yang diperoleh tersebut untuk presentasi pada hari terakhir di institusi masing-masing peserta.

Minggu, 8 Oktober

Rombongan peserta meninggalkan Lunds menuju Stockholm, yang berjarak 600 km di sebelah utara. Istirahat di daerah Vadstena, dan mengunjungi puri, gereja dan bekas biara yang dijadikan museum.




Malam hari tiba di Stockholm









Senin, 9 Oktober
Melakukan kunjungan dan studi ekskursi ke Istana Raja, The Royal Palace (yang dijadikan museum). Peserta diberi gambaran bagaimana konservasi dan restorasi pada istana termasuk perawatan pada objek yang ada di dalamnya (lukisan, gaun, furniture).

Sayangnya, gak boleh ambil foto disini, jadi kira-kira fotonya dari luar aja ya...



Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan mengunjungi Vasa museum, yang merupakan museum yang hanya memiliki satu koleksi namun besar sekali, yaitu kapal Vasa. Kapal ini tenggelam pada peluncuran perdananya tahin 1660 an dan baru ditemukan dan diangkat ke permukaan setelah 300 tahun. Diberikan pula bagaimana cara melakukan konservasi dan restorasi serta pemeliharaannya hingga sampai saat ini masih dalam keadaan kondisi yang baik. Termasuk bagaimana melakukan pengecekan kondisi lingkungan yang selalu dijaga agar tetap dalam kondisi stabil.




Kunjungan terakhir adalah ke Gereja Katharina, yang berada di daerah Stockholm. Gereja ini masih dalam proses restorasi akibat terbakar pada tahun 1990 an
GEreja ini ternyata pada awalnya aliran Maria Magdalena, itu loo seperti yang di Davinci Code.






Selasa, 10 Oktober
Rombongan meninggalkan Stockholm menuju Lund. Dalam perjalanan singgah di daerah Linkopping dan mengunjungi gereja katedral yang sudah di restorasi akibat terbakar habis hingga atap. D saat melakukan restorasi keinginan masyarakat sekitar di penuhi, yaitu mereka ingin gereja tersebut memiliki bentuk dan interior seperti kondisi sebelumnya. Dengan demikian terlebih dahulu telah dilakukan studi historis termasuk pengetahuan mengenai material yang digunakan pada masa itu yang akan diterapkan .
Namun sentuhan modern tetap dimasukkan tanpa merusak arsitektur awal. Yaitu pembuatan ruangan storage dibawah tanah dan instalasi listrik baru.
Sore hari rombongan tiba kembali di kota Lund.


Rabu, 11 Oktober
Hari ini adalah waktu yang diberikan pengajar kepada peserta untuk membuat projek maintenance plan yang harus dipresentasikan besok di depan para pengajar. Proyek tersebut merupakan kegiatan tahap kedua yang harus diselesaikan sebelum peserta berkumpul kembali bulan Maret di Mesir.

Kamis , 12 Oktober
Presentasi peserta.
Ita Yulita memberikan presentasi mengenai proyek yang akan dikerjakan, yaitu pembuatan peta iklim di ruangan – ruangan museum, gedung lama dan baru sebagai bagian dari maintenance plan terhadap gedung dan koleksi yang tersimpan di dalamnya.


Jumat, 13 Oktober
Evaluasi pihak SIDA terhadap penyelenggara, dan evaluasi penyelenggara oleh peserta

Sabtu, 14 Oktober
Kembali ke negara masing-masing

Sampai jumpa di Mesir..bulan Februari /MAret,

Tapi jangan lupa...
Proyeknya dikerjain , jangan cuma jalan-jalan doang...........

0 komentar: