Tuesday, November 14, 2006

minggu pertama; I am in Scandinavia now...



Beginning of adventure

Setelah menempuh perjalanan yang cukup panjang, hampir 20 jam (gak pake mandi) termasuk delay di CGK selama 4 jam, sampailah saya di Amsterdam sebagai gerbang pertama benua Eropa. Walaupun ini ke 3 kalinya di Schipol tetap aja bingung..karena sekali ini berangkatnya benar-benar sendirian.
Setelah cari-cari gate, akhirnya ketemu juga pesawat yang menuju Denmark. Di sini muka asia sudah dapat dihitung dengan jari, makanya pas di pesawat ternyata bareng dengan anak Jakarta seneng banget,sebab saya masih bisa pake bahasa Indonesia di atas benua Eropa.
Setelah sampai di Copenhagen, baru bener-bener bingung, nah lo... sendirian, so.. welcome to the jungle.

Berbekal petunjuk dari panitia, saya cari kereta yang melewati oresound yang menuju Lund. LUnd letaknya di selatan Swedia,jadi masuk kesana paling gampang lewat Denmark.






Setelah seret seret koper, akhirnya sampai juga di kota Lund, nunggu bis, sampai ke hotel.
Kesan pertama lihat kota, gak beda denga Leiden, sama aja kota tua. dan banyak sepeda nya.

Setelah istirahat semalaman, dimulailah kursus singkat ini

Minggu Pertama
Penekanan materi yang diberikan berbeda-beda tiap minggunya. Pada minggu pertama kursus penekanannya pada perspektif atau cara pandang dalam melakukan penilaian atau assesment terhadap gedung-gedung yang bernilai historis.

Senin, 25 September


Bertempat di ruangan HDM studio yang berada pada gedung A di kompleks fakultas teknik Universitas Lund, dilakukan registrasi peserta yang dilakukan dengan sangat baik oleh panitia. Peserta kursus CMHB 2006/2007 terdiri atas 26 peserta, 9 diantaranya wanita yang berasal dari 17 negara. Selanjutnya pidato perkenalan welcome speech oleh Dr Kerstin Barup, Course Director, profesor di bidang arsitek, dan juga Direktur jurusan arsitek Universitas Lund. Beliau memperkenalkan sekilas tentang kota Lund, universitas dan pendahuluan tentang kursus CMHB. Kursus di Lund Swedia, terdiri dari 3 minggu, dimana tiap minggunya memberikan penekanan yang berbeda-beda.
Berikutnya adalah sekilas tentang HDM (Housing Development and Management), mengenai visi dan misi disampaikan oleh Dr. Johny Astrand direktur HDM.
Setelah istirahat, kursus dimulai dengan materi pertama tentang Restorasi, diantara teori dan praktek, yang diberikan oleh Prof Dr. Mats Edstrom.
Dilanjutkan materi mengenai nilai dari benda warisan masa lalu dan persiapan untuk studi ekskursi di daerah Swedia selatan besok. Materi ini disampaikan dengan baik oleh Ingela Skarin.

Selasa, 26 September

Studi ekskursi ke 3 gedung bersejarah di daerah Skane. Peserta dibagi 3 kelompok. Setiap kelompok memillih 1 gedung dan mencari nilai yang diwarisi dari masa lalu pada setiap gedung, sehingga gedung tersebut pantas untuk dijadikan benda warisan budaya.
GEdung pertama
.

Gedung kedua:


Gedung ketiga



Malamnya dilakukan welcome dinner di hotel tempat peserta menginap

Rabu, 27 September
Materi hari ini adalah mengenai restorasi dan konservasi gedung bersejarah yang ada di daerah Skandinavia. Dipaparkan bagaimana cara penanganan, manajemen dan beberapa contoh pada gedung yang dilakukan restorasi, diberikan oleh Dr. Mats Edstrom.
Setelah istirahat, waktu dan tempat diberikan pada 26 peserta untuk memaparkan proyek masing masing. Pada kesempatan ini, Ita Yulita mewakili Indonesia memaparkan tentang kondisi Gedung Museum Nasional Indonesia pada saat ini, kerusakan dan problem yang dihadapi.

Kamis, 28 September
Mats Edstrom melanjutkan materinya mengenai Perkembangan sejarah dan teori restorasi gedung bersejarah di Eropa.. Dilanjutkan dengan materi mengenai perkembangan yang lebih modern di bidang restorasi dan konservasi gedung bersejarah.
Setelah istirahat kuliah dilanjutkan dengan materi mengenai Cultural heritage and development oleh Dr.Johny Astrand.
Sebelum pulang, sesi terakhir adalah mengenai sistem Luvit yang merupakan wadah komunikasi antara guru dan peserta, dibawakan oleh Ms. Annette Wong Jere dan Jenny Hallstrom.




Jumat, 29 September
Materi hari ini diawali dengan materi tentang perencanaan management yang diberikan oleh Dr. Flemming Aalund, arsitek dan konsultan di bidang cagar budaya dari Denmark.
Setelah istirahat, materi selanjutnya disampaikan oleh Allan Birabi dari Uganda mengenai contoh studi kasus proyek. Allan Birabi merupakan alumni dari CMHB angkatan pertama, dan telah mewujudkan proyek yang di presentasikan 2 tahun yang lalu.

Sabtu, 30 September


Dilakukan tur di kota Lund, yaitu mengunjungi tempat bersejarah di Lund yaitu hal universitas lama, katedral, kulturen (open air museum, seperti Taman Mini). Pada tur ini peserta didampingi oleh Ingela Sterin dan Anna Wahloo. Pemaparan mereka adalah bagaimana menemukan nilai-nilai berharga yang terkandung di dalamnya

0 komentar: