Tuesday, August 15, 2006

Bagian III ..Pencahayaan.......

I. Penataan Koleksi di Ruang Pamer

Setelah konsep alur cerita disepakati, langkah berikutnya adalah membuat konsep tersebut menjadi nyata, yaitu melalui penerapan tiga dimensi dalam ruang pamer. Disini dituntut peranan maksimal dari desainer peƱata pameran sehingga mampu membuat pegunjung terkesan dan informasi yang ingin diberikan sampai pada pengunjung. Kurator membuat bagaimana koleksi memiliki nilai sense of knowledge yang tinggi, namun desainer yang harus mampu menerjemahkan menjadi sense of visual.

Koleksi ditata sesuai dengan alur cerita, dapat ditempatkan di dalam vitrin atau diluar vitrin dengan memperhatikan nilai-nilai estetika dan juga faktor keamanan koleksi dan konservasi koleksi. Faktor keamanan antara lain menjaga agar koleksi tidak tercuri dengan menempatkan kamera di berbagai sudut serta menjaga dari bahaya kebakaran dengan menempatkan alarm, smoke detector (detektor asap) dan alat pemadam kebakaran. Pertimbangan kaidah konservasi juga harus diperhatikan, yaitu menjaga kondisi lingkungan dengan mengontrol temperatur, kelembaban dan cahaya dalam vitrin dan ruang pamer.

Sebagai pendukung, disekitar koleksi harus diberi label yang menceritakan latar belakang koleksi. Pembuatan label juga bukan perkara yang mudah. Label harus dibuat ringkas dan padat, sehingga dalam waktu singkat pengunjung dapat mengambil intisari dari koleksi tersebut dan pulang dengan membawa informasi.

Hal penting lain yang harus diperhatikan dalam penataan adalah cahaya. Karena dengan adanya cahaya yang jatuh menimpa koleksi dapat menimbulkan apresiasi bentuk dan warna koleksi yang lebih mendalam serta menjadikan koleksi lebih menarik. Disamping itu dengan adanya cahaya, label lebih mudah terbaca terutama untuk pengunjung yang berusia tua.

Namun perlu ditekankan, cahaya yang digunakan jangan sampai merusak koleksi. Hal ini karena dari beberapa faktor yang menyebabkan kerusakan pada koleksi, kerusakan akibat cahaya adalah yang paling parah. Berdasarkan pernyataan ini, sepertinya terdapat pertentangan antara penyajian yang menarik dengan kaidah konservasi koleksi. Untuk mengatasinya harus dicari jalan tengah diantaranya sehingga keduanya dapat berjalan seiringan.

0 komentar: